Cara Membuat dan Contoh Teks Pidato Sambutan dalam Acara Syukuran

Pidato merupakan salah satu kegiatan yang berbicara di depan umum. Pidato ini disampaikan oleh orang yang dipercaya bisa membawakan amanah tersebut. Pidato disampaikan untuk berbagai macam acara formal salah satunya pada acara syukuran.

Acara syukuran yang biasanya diselenggarakan dan menggunakan pidato adalah syukuran rumah baru, syukuran atas terlaksananya pernikahan, syukuran kelahiran bayi, dan lain sebagainya.

Pidato ini agar didengar dan diperhatikan oleh orang banyak perlu menggunakan pengeras suara. Bagi orang yang dipercaya membawakan pidato pada acara tersebut, isi pidato harus sesuai dengan tema dan kondisi pada saat acara berlangsung.

Cara membuat teks pidato sambutan

Sebelum Anda melakukan pidato di sebuah acara, hendaknya terlebih dahulu mengetahui bagaimana susunan atau kerangka teks pidato yang baik pada acara syukuran. Bagian-bagian pada teks pidato ini diantaranya pembukaan, isi, dan juga penutup bagian pidato.

Namun sebelum Anda menyusun kerangka dari mulai pembukaan sampai penutu, perlu memperhatikan pula materi atau segala macam yang dibutuhkan dalam teks pidato.

Cara yang bisa Anda lakukan dalam membuat teks pidato acara syukuran diantaranya :

1. Menentukan tema pidato

Menentukan tema adalah langkah awal untuk membuat suatu rancangan pidato sambutan. Tema pidato harus sesuai dengan kondisi dan acara yang sedang berlangsung. Sehingga ada kesesuaian antara pidato yang disampaikan dengan acara yang akan berjalan nantinya.

2. Mengenali sifat atau karakter audien

Obyek pada orang yang sedang diberikan pidato tentunya perlu diperhatikan pula. Karena setiap watak dan karakter audien atau pendengar berbeda-beda. Ada yang cepat merasa bosan ketika mendengarkan orang lain berbicara. Sehingga perlunya pemilihan kata yang baik dan menarik agar pendengar bisa tetap memperhatikan pidato yang disampaikan.

3. Mengumpulkan segala macam materi yang dibutuhkan dalam pidato

Materi merupakan hal yang penting ketika Anda akan diberikan kepercayaan untuk membawakan pidato. Materi bisa Anda peroleh dari berbagai macam sumber.

Anda bisa ambil dari internet, koran, majalah, buku, wawancara, dan lain sebagainya. Dengan mendapatkan banyak materi, Anda akan lebih siap untuk tampil di depan umum dengan materi yang dirasa cukup.

4. Menyusun teks pidato

Menyusun teks pidato ini baru dilakukan setelah menyusun tema, mengenali karakter audien, dan materi yang sudah cukup. Teks pidato yang bisa disusun dari mulai pembukaan, isi, dan juga penutup.

Dari beberapa bagian dalam teks pidato syukuran tersebut, berikut ini penjelasan lebih detailnya :

Pembukaan Pidato

Pada bagian pembukaan pidato, terdiri dari penyampaian salam sebagai pembuka pidato. Salam secara umum diberikan kepada orang yang memiliki hajatan dan juga tamu yang sudah datang. Selain itu juga ucapan rasa syukur atas nikmat Tuhan yang telah diberikan sampai saat ini.

Isi Pidato

Bagian isi pidato ini sangatlah penting. Karena semua inti pada pidato tersebut ada pada bagian ini. Dalam ini pidato, akan disampaikan segala macam hal yang berkaitan dengan acara yang akan berlangsung. Sehingga akan lebih sesuai dengan tema acara yang akan dilaksanakan.

Pidato Syukuran

Membuat pidato syukuran sebenarnya tidak terlalu sulit. karena teks pidato syukuran sudah sering dibuat. Anda bisa mencari referensi di internet contoh teks pidato syukuran. Anda bisa memilih dari berbagai macam versi atau model yang ditawarkan. Pilihlah bahasa yang baik dan sesuai dengan acara syukuran yang sedang dilaksanakan.

Contoh Pidato Sambutan Acara Syukuran

Pidato acara syukuran sangat beragam. Biasanya pidato yang ada pada acara syukuran tidak berbeda jauh. Salah satu contoh yang diambil adalah teks pidato sambutan syukuran dengan tema “Rasa Syukur Atas Rumah Baru”.


Assalamualaikum Wr.Wb

Puji syukur kita panjatkan kehadirat Allah SWT, yang telah memberikan rahmat, taufik, dan hidayah-Nya, sehingga kita dapat berkumpul di tempat ini dengan baik. Sholawat serta salam kita junjungkan pada nabi besar Muhammad SAW, yang telah membawa manusia ke zaman yang penuh berkah.

Yang saya hormati, bapak dan ibu Sukarjo selaku pemilik hajatan rumah baru, yang saya hormati pula bapak dan ibu tamu undangan yang sudah hadir pada acara ini.

Rumah adalah salah satu kebutuhan pokok bagi kehidupan. Karena rumah menjadi tempat berlindung dari panasnya matahari dan dinginnya malam. Rumah menjadi tempat perlindungan utama setiap saat. Selain itu rumah juga tempat berkumpulnya seluruh anggota keluarga. Kesibukan apapun diluar rumah pasti nantinya juga akan kembali ke rumah sendiri. Jika seseorang tidak memiliki rumah, tentu kehidupannya tidak akan merasa tentram dan nyaman.

Pada kesempatan kali ini, kita menghadiri acara syukuran dalam rangka pembangunan rumah baru. Rasa syukur tidak henti-hentinya dipanjatkan atas nikmat dan karunia dari Allah SWT. Semua rezeki yang kita dapat tentunya atas berkah dariNya. Alhamdulillah semua harapan dan cita-cita dalam membangun rumah baru ini sudah terlaksana dengan baik tanpa halangan apapun.

Untuk itu, saya berpidato disini mengajak bapak dan ibu sekalian untuk berdoa bersama. Doa bersama ini agar rumah yang ditinggali nantinya dalam keadaan baik dan tidak ada sesuatu apapun yang menghalangi. Selain itu juga sebagai rasa syukur atas dibangunnya rumah baru yang saat ini akan ditinggali bersama dengan keluarga besar Bapak Sukarjo. Semoga dengan adanya rumah baru ini, bisa lebih menjalin persaudaraan dan kerukunan dengan tetangga sekitar. Amin.

Demikian pidato singkat ini saya sampaikan. Bila ada kesalahan saya mohon maaf yang sebesar-besarnya.

Akhirukallam wabilahi taufik wal hidayah. Wassalamualaikum wr.wb


Demikian cara membuat pidato sambutan dan contoh pidato sambutan untuk acara syukuran. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.