5 Jenis Alam dalam Islam yang Pasti Disinggahi Semua Manusia

Mungkin Anda pernah memikirkan dan bertanya-tanya di mana Anda sebelum dilahirkan? Jika iya maka jenis-jenis alam dalam Islam ini perlu Anda pelajari agar mendapatkan jawabannya.

Mungkin selama ini kita hanya mengenal alam yang bisa dilihat dengan mata telanjang. Tetapi kalau dipikirkan ternyata ada alam lain yang kita sendiri tidak bisa melihatnya.

Di dunia saja Anda bisa percaya bahwa keberadaan kentut memang benar adanya, tetapi untuk menjelaskan bentuknya, kita tak mampu. Ini juga sama dengan alam lain yang sudah ada sejak jaman penciptaan sampai akhir jaman nanti.

Jenis Alam Dalam Islam

Lalu apa saja alam itu? Menurut Agama Islam, alam yang pasti disinggahi oleh manusia ada 5 tahapan.

1. Alam Ruh

Pertama, alam ruh. Alam ini adalah alam yang ditempati manusia sebelum ia dilahirkan ke dunia. Sebelum dilahirkan di dunia, manusia sudah diciptakan sebelumnya. Tetapi hanya berupa ruh. Manusia itu sendiri terdiri dari dua unsur, yaitu unsur jasad dan unsur ruh. Hanya saja hanya orang-orang tertentu yang bisa melihat ruh tersebut.

2. Alam Rahim

Kedua, alam rahim. Setelah manusia berada di alam ruh, selanjutnya ia akan dimasukkan ke dalam alam rahim pada hari ke 105 kehamilan. Sehingga dalam budaya Islam di negeri ini biasanya diadakan selametan sebelum ditiupkannya ruh.

Hal ini juga dimaksudkan untuk meminta takdir yang baik bagi calon manusia tadi. Sebab setelah ruh tadi dipindahkan ke dalam kandungan, maka takdirnya sudah tidak bisa diubah. Untuk lamanya di alam ini, masing-masing orang tidak sama.

3. Alam Dunia

Ketiga, alam dunia. Setelah manusia mengalami banyak pengalaman di dalam kandungan sampai dengan mengenali karakter ibunya, kemudian ia akan dilahirkan ke dunia. Dalam masanya di dunia ini, manusia akan mengalami banyak hal yang menjadi penentu di kehidupan selanjutnya.

Jadi di dunia ini adalah kesempatan pertama dan terakhir bagi manusia untuk memperbaiki takdirnya. Dan bagi mereka yang mati di kala masih kecil, maka mereka termasuk orang yang sangat beruntung. Sebab ia tidak akan dimintai pertanggungjawaban atas apa yang dikerjakannya di alam dunia.

Alam ini juga disebut sebagai alam bercocok tanam. Sebab jika ia merawat perilakunya dengan baik sesuai dengan apa yang diperintahkan oleh Allah maka di alam berikutnya ia akan menuai panen yang baik.

Begitupun sebaliknya. Hanya saja, kebanyakan manusia sering melupakan dengan alam yang akan dialaminya di kemudian hari. Bahkan banyak yang tidak percaya akan adanya alam setelah alam dunia.

4. Alam Barzah

Keempat, alam barzah yang disebut juga dengan alam kubur. Alam inilah yang termasuk dari jenis-jenis alam dalam Islam yang banyak tidak dipercaya keberadaannya. Alam barzah merupakan alam pembalasan yang pertama.

Di alam ini manusia akan ditanya tentang apa saja yang dilakukannya semasa hidup di dunia. Mereka yang semasa hidupnya lebih banyak melakukan banyak kekejian dan kemunkaran maka di alam ini, ia akan didatangi malaikat yang sangat menyeramkan.

Tetapi ketika semasa hidupnya di dunia banyak melakukan kebaikan dan mati khusnul khotimah, maka ia akan didatangi malaikat yang sangat menyenangkan.

5. Alam Akhirat

Kelima, alam akhirat. Yaitu alam pembalasan dari semua yang telah dikerjakan di dunia. Alam ini merupakan alam yang terakhir dan alam abadi. Di alam ini merupakan kelanjutan dari alam barzah.

Siapapun yang mendapatkan penyiksaan di alam barzah maka kemungkinan besar ia akan dimasukkan ke dalam neraka. Dan jika di alam barzah mendapatkan nikmat maka di alam akhirat ia pasti akan dimasukkan ke dalam surga.

Alam ini juga disebut sebagai tempat memanen dari hasil jerih payahnya selama di dunia. Sebab kebaikan ataupun kejahatan sekecil apapun akan dibalas. Jadi selagi masih hidup di dunia, hendaknya manusia jangan pernah melupakan kehidupannya kelak di kahirat.

Sebab di kahirat ini, manusia akan lebih lama. Satu hari di akhirat saja sama dengan seribu tahun di dunia. Jadi umur manusia tidak ada satu jamnya di akhirat.

Oleh semua yang dibanggakan manusia saat masih di dunia tidak akan diingatnya lagi saat sudah di akhirat. Yang bisa menyelamatkannya hanyalah ketaatannya kepada Allah semasa hidup di dunia.

Itulah jenis-jenis alam dalam Islam yang perlu diketahui dan dipercaya agar saat masih hidup di dunia bisa persiapan untuk bekal hidup di akhirat.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.